PERANCANGAN BUKU SEBAGAI MEDIA PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA AKSARA SUNDA KAGANGA UNTUK ANAK USIA 10 – 12 TAHUN MUHAMMAD RAMDAN :196010050

MUHAMMAD RAMDAN, Erna Nurmalinda, M.Sn. (2023) PERANCANGAN BUKU SEBAGAI MEDIA PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA AKSARA SUNDA KAGANGA UNTUK ANAK USIA 10 – 12 TAHUN MUHAMMAD RAMDAN :196010050. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_BAB 2.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_BAB 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Aksara Sunda_TUGAS AKHIR_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Belajar aksara daerah, khususnya Aksara Sunda Kaganga, memiliki peran penting dalam pelestarian dan pengembangan warisan budaya lokal di era globalisasi. Mempelajari Aksara Sunda Kaganga membantu melestarikan identitas budaya lokal khususnya di Jawa Barat, memperkaya pemahaman tentang sejarah dan tradisi lokal, serta memfasilitasi penggunaan teknologi dalam mengembangkan konten berbasis Aksara Kaganga. Selain itu, pembelajaran Aksara Kaganga melatih kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kepekaan lintas budaya. Dalam era modern yang terhubung secara global, penting bagi individu dan masyarakat untuk mempelajari Aksara daerah, termasuk Aksara Kaganga, guna memperkaya pengalaman, membangun hubungan sosial, dan memperkuat rasa identitas dan keberagaman budaya dalam era digital yang terus berkembang. Dengan mengunakan metode observasi, kualitatif, kuantitatif, dan studi literatur, memberikan pemahaman langsung tentang penggunaan Aksara dalam konteks sosial, mengeksplorasi makna dan persepsi yang terkait dengan Aksara Sunda Kaganga dan memberikan gambaran tentang pengetahuan dan minat masyarakat, menyusun pemahaman komprehensif tentang perkembangan serta penggunaan Aksara Sunda Kaganga berdasarkan sumber-sumber yang telah ada. Oleh sebab itu melalui media buku dengan gaya visual anak-anak diharap kan para generasi muda mau lebih belajar mendalami mengenai budayanya masing-masing guna mencapai ide-ide baru di masa mendatang dan mencegah hilangnya identitas diri dari budaya itu sendiri. Kata Kunci : Pembelajaran Akasara Sunda Baku, Edukasi, Anak Anak, Warisan Budaya, Budaya Lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:01
Last Modified: 03 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66503

Actions (login required)

View Item View Item