APLIKASI TIKTOK SEBAGAI WADAH KREATIVITAS GENERASI Z (Studi Fenomenologi TikTok Sebagai Wadah Kreativitas di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas)

Febriyanti, Nisa (2023) APLIKASI TIKTOK SEBAGAI WADAH KREATIVITAS GENERASI Z (Studi Fenomenologi TikTok Sebagai Wadah Kreativitas di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “TikTok Sebagai Wadah Kreativitas Generasi Z (Studi Fenomenologi TikTok Sebagai Wadah Kreativitas Di Kalangan Mahasiswa Fisip Unpas)" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, tindakan, dan makna dari mahasiswa Fisip Unpas dalam menggunakan TikTok sebagai wadah kreativitas mereka. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori fenomenologi oleh Alfred Schutz yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara dengan informan penelitian. Hasil dari penelitian ini akan menunjukan bahwa motif mahasiswa Fisip Unpas menggunakan TikTok sebagai wadah kreativitas adalah dimana mereka merasa terbantu karena aplikasi ini menyediakan fitur - fitur menarik, memiliki kebebasan membuat sesuatu yang mereka suka dengan menjadi diri sendiri. Tindakan yang dilakukan adalah mereka menggunakan TikTok sebagai wadah kreativitas mereka dengan membuat berbagai konten menarik dan menggunakannya untuk mengembangkan kreativitas. Kemudian informan memaknai TikTok memberikan manfaat dan membantu mereka dalam mengisi waktu luang yang bermanfaat karna menghasilkan suatu karya juga menambah suatu penghasilan. Saran yang peneliti ingin sampaikan setelah melakukan penelitian ini adalah untuk bisa lebih bijak dalam menggunakannya agar terus dimanfaatkan dengan baik, kita bebas mengekspresikan diri dengan nyaman dalam membuat konten yang menunjukan kreativitas dan mengembangkannya, kemudian untuk peneliti selanjutya sebaiknya peneliti melakukan teori lainnya agar dapat mendapatkan penelitian yang baru atau berbeda juga dapat menemukan penemuan yang lebih menarik lagi. Kata Kunci: TikTok, Kreativitas, Mahasiswa, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:55
Last Modified: 03 Oct 2023 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66502

Actions (login required)

View Item View Item