PENGARUH INVENTARISASI ASET TETAP DAERAH DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA (Survey pada SKPD Kabupaten Bandung)

Resti Asipa, 194020048 and Dr. Elvira Zeyn, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH INVENTARISASI ASET TETAP DAERAH DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA (Survey pada SKPD Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_INDO.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_INNG.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.docx (1).pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inventarisasi aset tetap daerah dan penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini melalui data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis hipotesis, analisis korelasi, analisis regresi, dan analisis determinasi. Pengolahan data pada penelitian ini dibantu dengan menggunakan Software SPSS IBM Statistics Versi 26. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa besarnya pengaruh inventarisasi aset tetap daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 15,4%. Pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 34,9% dan secara simulatan menunjukan bahwa besarnya pengaruh inventarisasi aset tetap daerah dan penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 50,3%, sedangkan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dengan demikian, semakin tinggi pengaruh inventarisasi aset tetap daerah dan penerapan standar akuntansi pemerintah maka akan semakin meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci: Inventarisasi Aset Tetap Daerah, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:00
Last Modified: 03 Oct 2023 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66483

Actions (login required)

View Item View Item