Nurfahirah, Amara (2023) KONTRIBUSI UNITED NATIONS INTERNATIONAL CHILDREN’S EMERGENCY FUND (UNICEF) DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK KORBAN KONFLIK DI NEGARA SURIAH MELALUI PROGRAM NO LOST GENERATION (2016-2022). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan _ Pengujian.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Salah satu fenomena krisis pendidikan yang perlu menjadi perhatian dunia adalah krisis pendidikan di Suriah. Konflik yang terjadi di Suriah selama lebih dari 11 tahun terakhir telah menimbulkan krisis yang berdampak pada terancamnya pemenuhan Hak Asasi Manusia yang mendasar, yaitu pemenuhan akses terhadap pendidikan. Hal tersebut tercermin dalam beberapa indikator, diantaranya terampasnya kesempatan anak dalam kegiatan belajar-mengajar karena ketidaktersediaan ruang kelas dan fasilitas sekolah, tingginya tingkat putus sekolah, tantangan akan kurikulum dan bahan ajar, menurunnya jumlah tenaga pengajar, serta indikator-indikator lainnya yang berimplikasi terhadap krisis pendidikan yang dialami oleh anak-anak korban konflik di negara Suriah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi UNICEF dalam menangani krisis pendidikan yang terjadi di Suriah dan menjadi katalis bagi terciptanya respon internasional dalam bidang pendidikan melalui program No Lost Generation untuk memperjuangkan pemenuhan hak terhadap pendidikan anak korban konflik di Suriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Organisasi Internasional serta konsep HAM dan konflik untuk menganalisa dan membantu memahami fenomena yang menjadi kajian penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data materi audio- visual dan studi literatur melalui buku, dokumen resmi, arsip, jurnal, artikel ilmiah, artikel berita, dan data-data penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan UNICEF dalam upaya mengatasi krisis pendidikan di negara Suriah melalui program No Lost Generation memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendidikan anak korban konflik di negara Suriah, meskipun implementasi dari target sasaran program tidak sepenuhnya tecapai dan belum sepenuhnya berhasil mengatasi krisis pendidikan di negara Suriah. Kata Kunci: Krisis Pendidikan, Konflik Suriah, UNICEF, No Lost Generation.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 02:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66481 |
Actions (login required)
View Item |