KARYA FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI PERJALANAN CHRONIC ROCK DARI MULAI BERDIRI HINGGA SAAT INI MELALUI DEPARTEMEN PENYUTRADARAAN Fajar Maulana Ramdhani : 176020029

Fajar Maulana Ramdhani, - (2023) KARYA FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI PERJALANAN CHRONIC ROCK DARI MULAI BERDIRI HINGGA SAAT INI MELALUI DEPARTEMEN PENYUTRADARAAN Fajar Maulana Ramdhani : 176020029. Skripsi(S1) thesis, Fotografi dan Film.

[img] Text
Fajar 176020029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Chronic Rock, pertama kali didirikan oleh Eben, gitaris dari band Burgerkill dan dibuka di Jl. Soekarno-Hatta, Bandung pada tahun 2004 yang berisi merchandise band-band baik dalam dan luar negeri. Beberapa kali Chronic Rock pindah lokasi, ke Jl. Kalimantan pada tahun 2005 dan ke Jl. Sawah Kurung pada tahun 2010 hingga saat ini. Tidak hanya merchandise, Chronic Rock sekarang juga membuka studio untuk latihan dan rekaman untuk radio dan televisi. Penelitian ini bertujuan untuk memvisualkan perjuangan Chronic Rock dari awal mulai berdiri berjualan merchandise hingga eksistensinya saat ini dalam bentuk film dokumenter ekspositori di bidang penyutradaraan. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sutradara adalah seseorang yang bertanggung jawab penuh dalam proses bembuatan film. Mulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga paska produksi. Alur cerita yang direncanakan dalam film dokumenter ini akan dibagi menjadi menjadi tiga bagian. Bagian pertama film dimulai dengan cerita yang mana menceritakan secara singkat Burgerkill. Hingga cerita tentang kaitannya Burgerkill dengan Chronic Rock. Kemudian memasuki babak kedua dimana menceritakan bagaimana perkembangan Chronic Rock, beberapa rencana yang mulai terwujud hingga apa saja tantangan yang di hadapi agar bisa berkembang hingga saat ini. Di akhir babak ketiga, mulai menceritakan bagaimana Chronic Rock masih bisa bertahan hingga beberapa hal yang sudah direncanakan menjadi tidak tentu karena ditinggal sang pendiri. Dan diakhiri dengan bagaimana rencana dan langkah yang akan ditempuh kedepannya oleh Chronic Rock. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa film dokumenter Chronic Rock, yang menggunakan gaya ekspositori bisa menyampaikan informasi apa yang ingin disampaikan kepada penonton dengan mengikuti kaidah sinematografi yang baik dan benar. Kata Kunci : Musik, Chronic Rock, Merchandise, Dokumenter Ekspository.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2023
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:46
Last Modified: 03 Oct 2023 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66471

Actions (login required)

View Item View Item