EFEKTIVITAS ECO-ENZYM KULIT BUAH-BUAHAN UNTUK PERTUMBUHAN SAYURAN BAYAM (Amaranthus tricolor) MENGGUNAKAN TEKNIK HIDROPONIK

Lestari, Astri, 195040007 (2023) EFEKTIVITAS ECO-ENZYM KULIT BUAH-BUAHAN UNTUK PERTUMBUHAN SAYURAN BAYAM (Amaranthus tricolor) MENGGUNAKAN TEKNIK HIDROPONIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Eco-enzym yaitu larutan zat organic hasil fermentasi dari sisa sampah organic, gula, dan air. Hasil fermentasi eco-enzym memiliki karakter berwarna coklat tua dengan aroma yang khas, serta berguna untuk menyuburkan tanah dan tanaman, menghilangkan hama, dan meningkatkan kualitas rasa buah dan sayuran. Sayuran bayam (Amaranthus tricolor) ialah tanaman berbentuk perdu yang dapat hidup baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Kandungan yang terdapat pada sayuran bayam diantaranya yaitu vitamin A, protein, lemak, karbohidrat kalium, amaratin, zat besi, fosfor dan mineral. Budidaya sayuran bayam (Amaranthus tricolor) dapat dilakukan secara hidroponik, dikarenakan lahan yang mulai sempit. Hidroponik merupakan teknik budidaya tanpa menggunakan media tanah dan larutan, sehingga hidroponik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai media untuk menggantikan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari eco enzyme kulit buah-buahan dengan berbeda konsentrasi pada sayuran bayam (Amaranthus tricolor) menggunakan teknik hidroponik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, terdiri dari 6 perlakuan dan 4 kali pengulangan. Kelompok T1 (5%), T2 (10%), T3 (15%), T4 (20%), T5 (25%), dan kelompok kontrol K (AB Mix) tanpa diberi nutrisi eco enzyme. Parameter yang diukur pada penelitian ini meliputi tinggi, berat, dan jumlah helai daun. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, anova, dan Duncan. Uji korelasi dilakuakan untuk melihat keterkaitan antara data utama dan data penunjang. Dari penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa pemberian nutrisi eco enzyme kulit buah-buahan konsentrasi 5% efektif diberikan untuk tanaman bayam yang ditanam secara hidroponik dengan sistem wick. Kata Kunci : Eco Enzyme; Bayam; Hidroponik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:18
Last Modified: 03 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66456

Actions (login required)

View Item View Item