PERANCANGAN MEDIA CARD GAME TATA KRAMA BERBICARA BAGI REMAJA DI SMPN 15 KOTA BANDUNG Viona Febriani:196010042

Viona Febriani, Drs. H. Agus Setiawan,. M.Sn (2023) PERANCANGAN MEDIA CARD GAME TATA KRAMA BERBICARA BAGI REMAJA DI SMPN 15 KOTA BANDUNG Viona Febriani:196010042. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Nilai kebudayaan Indonesia yang telah menjunjung tinggi sikap sopan santun sangatlah kental. Sopan santun ini sangat penting bagi masayarakat, terlebih di terapkan oleh remaja, terutama dalam tata krama berbicara. Kualitas kepribadian akan terlihat jika cara bicaranya tepat. Namun remaja saat ini cenderung kehilangan etika atau tata krama, begitu juga pada penempatan tata krama berbicara yang tepat penggunaan kata maaf dan tolong. Kata-kata yang dilontarkan dari mulut sangat tidak patut dan tidak tepat sesuai tata krama berbicara yang baik dan hal buruk tersebut berulang kali bahkan sudah melekat dalam pembiasaan sehari-hari. Penyebab dari segi lingkungan, kepribadian dan keluarga itu sangat berpengaruh pada pembiasaan sehari- hari. Salah satu fenomena yang diteliti adalah remaja di SMPN 15 Kota Bandung. Remaja tersebut sudah diajarkan oleh guru yang bersangkutan tentang pembelajaran sikap, tetapi dalam media yang sudah pernah dilakukan masih belum efektif dalam menerapkan tata krama berbicara. Maka dari itu, metode yang digunakan pada permasalahan ini adalah metode kualitatif yaitu observasi data dan fakta, studi literatur, wawancara dan kuesioner. Dengan metode yang digunakan dapat menghasilkan solusi berupa media Card Game. Dengan media Card Game ini, ingin memberikan edukasi mengenai tata krama berbicara pada penggunaan kata maaf dan tolong bagi remaja sebagai targetnya. Karena remaja membutuhkan media yang menyenangkan yaitu belajar sambil bermain. Menggunakan media Card Game yang berhubungan dengan pembiasaan sehari-hari, akan menjadi kunci untuk membangun kebiasaan yang lebih baik. Kata Kunci : Tata Krama Berbicara, Remaja, Pembiasaan sehari-hari, Card Game

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:41
Last Modified: 03 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66448

Actions (login required)

View Item View Item