PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Industri Subsektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021)

Aryanti Hannifah, 194020008 and Dr. H. Sasa S Suratman, SE.,M.Sc, Ak,CA, Pembimbing II and Anne Tonthawi, SE.,M.AK, Pembimbing II (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Industri Subsektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris mengenai Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Industri Subsektor Pulp dan Kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Leverage. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan dan website www.idx.co.id. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang menghasilkan 7 sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis verifikatif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji hipotesis, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan Perusahaan Industri Subsektor Pulp dan Kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dengan memberikan kontribusi atau pengaruh hanya sebesar 2,2%. Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Manajemen Laba memberikan kontribusi sebesar 0,05%. Leverage berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dengan memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 17,4%. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dengan memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 19,7%. Kata Kunci: Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 02 Oct 2023 12:48
Last Modified: 02 Oct 2023 12:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66410

Actions (login required)

View Item View Item