Problem Based Learning: Meningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Berdasarkan Motivasi Belajar

Mr, Ali and Tarman Setiawan, Dusep and Mr, Taryudi (2023) Problem Based Learning: Meningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Berdasarkan Motivasi Belajar. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
5292-Article Text-22412-2-10-20220531.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran, dan motivasi belajar merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa karena menjadi faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa yang menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa. Selain itu dianalisis korelasi antara kemampuan penalaran dan motivasi belajar siswa yang menggunakan PBL. Penelitian ini merupakan penelitian campuran tipe embedded design. Sampel penelitian ini 70 siswa kelas X yang berasal dari dua kelas dengan masingmasing sebanyak 35 siswa pada salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan penalaran dan angket motivasi belajar siswa, serta lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan penalaran matematis, Motivasi belajar siswa, PBL

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:41
Last Modified: 03 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66371

Actions (login required)

View Item View Item