IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG (Studi Kasus Kelurahan Sukamiskin)

Nurcahya, Salma Thahirah (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG (Studi Kasus Kelurahan Sukamiskin). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPIS-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK 3 BAHASA-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI-SALMA THAHIRAH NURCAHYA-192010068.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sampah khususnya di kota Bandung merupakan salah satu kebutuhan pelayanan yang sangat penting dan perlu disediakan pemerintah. Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka semakin besar juga sampah yang harus ditanggulangi. Dalam pelaksanaan implementasi kebijakan pengelolaan sampah rumah tangga masih terdapat beberapa masalah yaitu sikap para pelaksana belum maksimal karena kurangnya kontrol dari rw, sumber daya manusia masih kurang, partisipasi masyarakat dan kesadaran masyarakat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pengelolaan sampah rumah tangga pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung (Studi Kasus Kelurahan Sukamiskin) serta untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Van Meter Van Horn (1975) yang meliputi standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, komunikasi antar organissai terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksana, sikap para pelaksana dan lingkungan ekonomi, sosial, politik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Sukamiskin belum berjalan dengan optimal karena masih terdapat beberapa kendala diantaranya adalah kontrol dari rw yang masih kurang karena kepengurusannya tidak bisa memanage warganya terutama dalam memilah sampah hal tersebut berpengaruh terhadap naik turun persentase pemilahan sampah, terkendala sumber daya manusia, pemerintah tidak mau mengeluarkan anggaran untuk sampah tetapi dipakai untuk stunting, infrastruktur dan lain-lain. Kata kunci : implementasi, pengelolaan sampah rumah tangga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:30
Last Modified: 02 Oct 2023 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66366

Actions (login required)

View Item View Item