MAKNA LIRIK LAGU “SCARS TO YOUR BEAUTIFUL” KARYA ALESSIA CARA (Teori Analisis Wacana Perspektif Norman Fairclough Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Scars To Your Beautiful” Karya Alessia Cara)

Yuvitri, Ulfa Amaliyah (2023) MAKNA LIRIK LAGU “SCARS TO YOUR BEAUTIFUL” KARYA ALESSIA CARA (Teori Analisis Wacana Perspektif Norman Fairclough Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Scars To Your Beautiful” Karya Alessia Cara). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Makna Lirik Lagu Scars To Your beautiful Karya Alessia Cara”. Musik tengah menjadi media yang sangat populer bagi kalangan musisi di era sekarang untuk menyampaikan sebuah pesan. Bahkan tidak sedikit masyarakat lebih mendengarkan sebuah informasi melalui musik yang dikemas menjadi sebuah karya lagu. Ini dikarenakan pembawaan musik dengan melodi yang indah dan suara penyanyi yang khas, membuat pesan tersebut lebih nyaman di dengar dan sampai dengan tepat kepada masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih lirik lagu sebagai subjek penelitian. Tujuan dan kegunaan penelitian ini yakni untuk mengetahui makna dari lirik lagu Scars To Your Beautiful karya Alessia Cara yang membahas mengenai arti penerimaan diri apa adanya yang liriknya dibalut dengan inspirasi dan motivasi, nilai moral dan realitas sosial di dalamnya. Penelitian ini dibuat dengan harapan dapat menjadi informasi bagi penikmat musik baik internasional maupun nasional serta masyarakat yang tertarik dengan studi mengenai analisis wacana pada lagu yang dteliti. Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan analisis wacana perspektif Norman Fairclough. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa Studi Dokumentasi, Arsip Elektronik, dan Studi Lapangan (Observasi dan Wawancara). Teknik analisis data pada penelitian ini melalui proses Pengumpulan data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Verification). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lirik lagu Scars To Your Beautiful karya Alessia Cara ini mengandung sebuah makna. Makna dapat membuat kita lebih memahami arti lirik lagu tersebut yang sesungguhnya. Pemaknaan realitas sosial pun akan mudah ditemui dalam lirik lagu ini. Selain itu proses produksi dari lirik lagu Scars To Your Beautiful ini dipengaruhi oleh pengalaman nyata yang dialami sang pencipta atas realita yang tengah berkembang di masyarakat mengenai “body image”. Maka dari itu pencipta lagu membuat lagu ini dengan tujuan menginspirasi sekaligus memotivasi bagi masyarakat luas yang sekiranya mengalami keresahan yang serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:50
Last Modified: 02 Oct 2023 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66348

Actions (login required)

View Item View Item