PERAN PEREMPUAN SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR KELUARGA DI DESA PAKUBEUREUM KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

Gimnastiar, Raehan (2023) PERAN PEREMPUAN SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR KELUARGA DI DESA PAKUBEUREUM KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Peran perempuan sebagai orang tua tunggal (single parent) dalam pemenuhan kebutuhan keluarga tentu sangatlah berbeda dengan orang tua yang lengkap. Perempuan sebagai orang tua tunggal memiliki tanggung jawab penuh, dimana ia juga menjalankan peran sebagai sang ayah dan perannya sebagai sang ibu seperti mencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya juga sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya guna terpenuhi kebutuhan sosial ekonomi keluarga tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Profil Perempuan Single Parent, mendeskripsikan Peran Perempuan Single Parent, dan Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan dasar keluarga di Desa Pakubeureum Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dan Pendekatan Penelitiannya menggunakan Studi Kasus. Perempuan single parent di desa Pakubeureum sebagian besar bekerja sebagai petani/pekebun, buruh, pedagang, asisten rumah tangga. Perempuan single parent rata-rata memiliki tanggungan anak 1 sampai 3 orang dalam satu rumah tangga yang harus dicukupi. Untuk itulah perempuan single parent di Desa Pakubeureum untuk berperan sebagai tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga atau meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah perempuan single parent di Desa Pakubeureum yang berumur antara 25 sampai 40 tahun, memiliki anak, memiliki pekerjaan dan tinggal di Desa Pakubeureum, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Adapun subyek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang perempuan single parent, 2 orang anak dari perempuan single parent dan kepala desa di Desa Pakubeureum. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode wawancara mendalam. Kata Kunci: Perempuan Single Parent, Ekonomi, Kebutuhan Dasar Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:43
Last Modified: 02 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66332

Actions (login required)

View Item View Item