PENYELESAIAN PENGADUAN NASABAH BANK ATAS KERUGIAN TERHADAP TRANSAKSI MELALUI MESIN ATM YANG RUSAK DIHUBUNGKAN DENGAN PBI NOMOR 16/1/2014 TENTANG PERLINDUNGAN KONUMEN JASA SISTEM PEMBAYARAN J.O POJK NOMOR 1/POJK.07.2013 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JASA KEUANGAN

Mohamad Rizki Hakim, 161000179 (2023) PENYELESAIAN PENGADUAN NASABAH BANK ATAS KERUGIAN TERHADAP TRANSAKSI MELALUI MESIN ATM YANG RUSAK DIHUBUNGKAN DENGAN PBI NOMOR 16/1/2014 TENTANG PERLINDUNGAN KONUMEN JASA SISTEM PEMBAYARAN J.O POJK NOMOR 1/POJK.07.2013 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN JASA KEUANGAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB 2.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H.BAB 3.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I.BAB 4.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
J.BAB 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Lembaga Perbankan merupakan suatu lembaga yang sangat tergantung pada kepercayaan dari masyarakat. Sistem pembayaran melalui kartu ATM memiliki banyak kelebihan yang memudahkan konsumen untuk bertransaksi. Dalam pelaksanaan timbul permasalahan antara lain: Bagaimana Perlindungan Hukum dalam Penarikan Dana Nasabah Melalui Mesin ATM Dihubungkan dengan PBI Nomor 16/PBI/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran Juncto POJK No. 1/POJK.07.2013 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan, Bagaimana Tanggung Jawab Hukum Terhadap Nasabah Yang Mengalami Masalah dalam Penarikan Dana Tabungan Melalui Mesin ATM Dihubungkan dengan PBI Nomor 16/PBI/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran Juncto POJK No. 1/POJK.07.2013 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan, Bagaimana Upaya Penyelesaian Sengketa Terhadap Nasabah dalam Penarikan Dana Tabungan Melalui Mesin ATM Yang Rusak Dihubungkan dengan PBI Nomor 16/PBI/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran Juncto POJK No. 1/POJK.07.2013 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan. Dalam penyelesaian mengenai pengaduan nasabah bank yang dirugikan, pihak bank harus bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh nasabah bank pengguna kartu ATM yang rusak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu spesifikasi penelitian deskriptif analitis yakni dengan cara menganalisis hubungan hukum positif dengan teori hukum mengenai perlindungan hukum nasabah bank pegguna kartu ATM rusak yang dirugikan serta pelaksanaan hukum positif melalui pendekatan yuridis normatif dan dianalisis secara yuridis kualitatif yaitu menggunakan peraturan perundang-undangan yang dihubungkan dengan data primer dan sekunder yang berasal dari literatur hukum untuk membahas tanggung jawab hukum dan penyelesaian sengketa terhadap nasabah bank yang dirugikan. Perlindungan hukum bagi nasabah pengguna kartu ATM diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Apabila ada kerugian terhadap konsumen pengguna kartu ATM, maka pihak Bank wajib mengganti kerugian. Lembaga keuangan yaitu OJK melindungi konsumen melalui peraturan OJK Nomor 1/POJK.07/2013. Tanggung jawab Bank terhadap nasabah bank dengan mengganti kerugian kepada nasabah bank pengguna kartu ATM. OJK harus bertanggung jawab dalam pengawasan lembaga keuangan agar tidak terjadi kerugian terhadap konsumen. Upaya penyelesaian sengketa terhadap nasabah pengguna kartu ATM melalui pengadilan dan luar pengadilan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Tanggung Jawab, dan Upaya Penyelesaian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:33
Last Modified: 02 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66312

Actions (login required)

View Item View Item