Ningrum, Annisa Ratna (2023) PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS FISIK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSINYA MELALUI PROGRAM DIFABEL CREATIF CENTER (DCC) DI DAARUT TAUHID PEDULI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstark 3 Bahasa.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
11. Lampiran.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
12. Kata Pengantar.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
14. Daftar Isi.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Proses pemberdayaan, Hambatan proses dan upaya mengatasi hambatan, hasil dari pemberdayaan, serta Implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial dalam pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program Difabel Creatif center (DCC) yang dilakukan oleh Daarut Tauhid Peduli di Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penelitian informan yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah infroman dalam penelitian ini terdiri dari 5 Informan. Teknik analisis yang diguanakan yaitu teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian pada program Difabel Creatif Center (DCC) ini menghasilkan gambaran mengenai proses Program pemberdayaan DCC yang dimulai dari tahap persiapan bekerja sama dengan para stakeholder, lalu tahapan pelaksanaan yaitu bimbingan teknik, intervensi, dan terminasi. Adapaun hambatan- hambatan yang dialami oleh penyandang disabilitas dalam proses tersebut yaitu internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan peningkatan keterampilan, spiritual, bekerja sama dengan komunitas lain, dan mencari mintra untuk pemasaran produk. Sebagai tenaga professional, pekerja sosial dapat melakukan beberapa tahapan petolongan yaitu dengan menerapkan peran sebagai fasilitator, educator dan broker. Prinsip atau nilai yang harus diterapkan kepada penyandang disabilitas yaitu mengenai individualisasi, penerimaan, dan penentuan nasib sendiri. Adapun keterampilan yang peru dikuasai yaitu komunikasi dan observasi. Pendekatan yang dilakukan yaitu yaitu dengan teori pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemelihaan. Dengan metode yang digunakan yaitu Social Group work. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Penyandang disabilitas, Disabilitas, Peningkatan Ekonomi, kajian spiritual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 06:40 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 06:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66287 |
Actions (login required)
View Item |