Hermawan, Erlan (2023) Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
02_JURNAL_ERLAN HERMAWAN.docx Download (66kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan spasial dan motivasi belajar siswa SMK dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Geogebra lebih baik daripada kemampuan spasial siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMKN Tegalwaru Kabupaten Purwakarta yaitu kelas XI DKV untuk kelas eksperimen dan kelas XI APHP untuk kelas kontrol. Uji statistic diolah dengan menggunakan bantuan program software SPSS 29,00 for Windows dan Microsoft Excell 2010. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Motivasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Aplikasi Geogebra, Kemampuan Spasial, Geometri Dimensi Tiga, Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023 |
Depositing User: | Mr PASCA-Asep - |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 06:04 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 06:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66277 |
Actions (login required)
View Item |