DIPLOMASI INDONESIA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN DAN PEMBEBASAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA TERPIDANA MATI DI ARAB SAUDI (Studi Kasus : Etty Toyyib, Majalengka 2020)

FADHLIH, YASMIN GASANI (2023) DIPLOMASI INDONESIA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN DAN PEMBEBASAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA TERPIDANA MATI DI ARAB SAUDI (Studi Kasus : Etty Toyyib, Majalengka 2020). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daaftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keamanan dan perlingdungan Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi yang masih belum terjamin. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, dimana salah satunya adalah disebabkan oleh para PMI itu sendiri seperti kurangnya pemahaman bahasa dan hukum di negara penempatan sehingga menyebabkan berbagai kesalahpahaman yang pada akhirnya menimbulkan masalah. Seperti halnya masalah yang menimpa Etty Toyyib, salah satu pekerja migran asal Indonesia yang bekerja di Arab Saudi yang dijatuhi hukuman mati atas tuduhan membunuh majikannya. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana upaya Indonesia secara menyeluruh dalam menangani permasalahan yang menimpa para PMI di Arab Saudi, juga utamanya dalam menangani masalah yang menimpa Etty Toyyib. Penelitian ini menggunakan teori Diplomasi Track One dimana dalam penelitian tersebut, pemerintah memiliki peran utama dalam pengupayan penanganan masalah PMI terutama Etty Toyyib dan juga menggunakan teori Human Security yang digunakan untuk mengkaji bagaimana upaya diplomasi yang dilakukan untuk melindungi keamanan dan hahk-hak para PMI. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan data pemier melalui studi kepustakaan dengan sumber yang diperoleh melalui buku, e-book, jurnal, maupun beberapa laporan yang berasal dari lembaga pemerintah dan non-pemerintah. Dalam penelitian ini, Indonesia dinilai mampu mengatasi permasalahan yang menimpa para PMI di luar negeri meskipun membutuhkan waktu yang lama namun berbagai upaya yang dilakukan oleh Indonesia dinilai berhasil meskipun tidak sepenuhnya. Kata Kunci: Kerjasama, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Etty Toyyib.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:26
Last Modified: 30 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66231

Actions (login required)

View Item View Item