PENINGKATAN IMPOR GANDUM INDONESIA DARI AUSTRALIA MELALUI PERJANJIAN INDONESIA-AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IA-CEPA)

Rahmatulloh, Januar (2023) PENINGKATAN IMPOR GANDUM INDONESIA DARI AUSTRALIA MELALUI PERJANJIAN INDONESIA-AUSTRALIA COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IA-CEPA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Gandum menjadi pengganti bahan pokok pengganti beras yang menjadi bahan baku untuk pembuatan beberapa bahan setengah jadi seperti tepung gandum, mie, dan pasta, serta makanan seperti biskuit, sereal dan lainnya. Karena gandum memiliki kandungan yang hampir sama besarnya seperti nasi bahkan kandungan proteinnya pun melebihi padi dan jagung yang dimana gandum menjadi bahan pokok pengganti yang cocok. Oleh karena itu gandum sendiri menjadi bahan pangan global yang dibutuhkan dan didagangkan di banyak negara. Indonesia mengimpor gandum dikarenakan wilayah Indonesia yang tropis tidak bisa menanam gandum karena gandum hanya bisa ditanam dalam kondisi wilayah subtropis. Dan Australia menjadi salah satu negara pengimpor gandum ke Indonesia, selain karena wilayah geografis yang dekat, perjanjian internasional pun mempengaruhi perdagangan gandum kedua negara ini. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan untuk melihat fenomena pada studi kasus yang diteliti, yaitu bagaimana perjanjian internasional mempengaruhi perdagangan barang. Penulis memperoleh data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dokumen atau media massa terkait Dalam penelitian ini penulis akan membahas bagaimana Kerjasama ini dapat meningkatkan hubungan bilateral diantara keduanya dan pengaruh kerjasama ini terhadap meningkatkan investasi perdagangan bilateral. Karena terbentuknya kerjasama ini berpengaruh terhadap kedua negara yang dimana pertama untuk pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia yaitu bahan pokok gandum, juga menjadikan Australia tetap menjadi pemegang dominasi impor gandum ke Indonesia. Kata Kunci: IA-CEPA, perdagangan, Impor gandum Australia ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:07
Last Modified: 30 Sep 2023 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66226

Actions (login required)

View Item View Item