ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PER KAPITA, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN ANTARPROVINSI DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2021

Sandi Cahya Gumelar, 194030027 and Hj. Neni M Santoso, SE,MSi, Pembimbing (2023) ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PER KAPITA, JUMLAH PENDUDUK, INVESTASI, TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN ANTARPROVINSI DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2021. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
File Cover Skripsi_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Absrak Skripsi_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File BAB I Skripsi_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File BAB II Skripsi_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File BAB III Skripsi_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Daftar Pustaka_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Lembar Pengesahan_Sandi Cahya Gumelar.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ketimpangan antarprovinsi merupakan masalah yang sulit dihindari dalam proses pembangunan suatu negara, karena ketimpangan antarprovinsi merupakan hal yang umum terjadi. Hampir seluruh negara di dunia mengalami masalah ketimpangan antarprovinsi atau wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi perkembangan dan pengaruh produk domestik regional bruto perkapita, jumlah penduduk, investasi, tingkat pengangguran terbuka dan indeks pembangunan manusia terhadap ketimpangan antarprovinsi di Pulau Jawa tahun 2010-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan indeks Williamson untuk mengetahui ketimpangan antarprovinsi atau wilayah dan menggunakan analisis regresi data panel untuk mengetahui bagaimana pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sepanjang tahun 2010-2021 perkembangan PDRB per kapita, jumlah penduduk dan indeks pembangunan manusia seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa cenderung terus meningkat. Sedangkan, Perkembangan investasi seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa mengalami fluktuasi dan Tingkat Pengangguran Terbuka seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa mengalami fluktuasi yang cenderung menurun. Hasil perhitungan indeks Williamson menunjukan ketimpangan antarprovinsi di Pulau Jawa dari tahun 2010-2021 mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori ketimpangan tinggi. (2) Model yang cocok untuk data panel dalam penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil pengolahan data adalah sebagai berikut: variabel PDRB per kapita, jumlah penduduk, tingkat pengangguran terbuka dan indeks pemabngunan manusia memiliki pengaruh dan signifikan terhadap ketimpangan antarprovinsi di Pulau Jawa tahun 2010-2021. Sedangkan, variabel investasi memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap ketimpangan antarprovinsi di Pulau Jawa tahun 2010-2021. Kata Kunci : Ketimpangan antarprovinsi, Produk Domestik Regional Bruto perkapita, Jumlah Penduduk, Investasi, Tingkat Pengangguran Terbuka dan Indeks Pembanguanan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 29 Sep 2023 13:40
Last Modified: 29 Sep 2023 13:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66184

Actions (login required)

View Item View Item