PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Survei Pada SKPD Kota Bandung)

Siti Nuraeni, 194020091 and Dr.Elvira.S.E.,M.Si.,AK.,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Survei Pada SKPD Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penyajian Laporan Keuangan dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah pada SKPD Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta dengan menggunakan data primer. Unit penelitian dalam penelitian ini yaitu pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung yaitu sebanyak 30 SKPD yang terdiri dari 22 Dinas, 5 Badan, 2 Sekretariat, dan 1 Inspektorat Daerah. Sampel dalam penelitian ini diperolah dengan metode sampling jenuh/sensus. Didapatkan 105 responden yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis verifikatif yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis korelasi dan regresi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f serta koefisien determinasi dengan bantuan program Software SPSS IBM Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial penyajian laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sedangkan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Dimana besarnya pengaruh penyajian laporan keuangan sebesar 32,5% dan sistem akuntansi keuangan daerah sebesar 22,9% terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Secara simultan penyajian laporan keuangan dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh sebesar 55,4% terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sedangkan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor diluar kedua variabel independen yang diteliti, seperti aksesibilitas, pengawasan kualitas laporan keuangan, pengendalian internal, transparansi, sistem pengendalian pemerintah, dan lain-lain. Kata Kunci: Penyajian Laporan Keuangan, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:33
Last Modified: 29 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66135

Actions (login required)

View Item View Item