ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN (Studi Kasus di Klinik Pratama Sespim Polri Lembang)

NURHAYATI, ATI (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN (Studi Kasus di Klinik Pratama Sespim Polri Lembang). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ATI NURHAYATI_MM.doc

Download (519kB)

Abstract

Klinik Pratama Sespim Polri Lembang mengalami penurunan jumlah pasien yang disebabkan beberapa faktor yaitu adanya pasien berpindah ke faskes lain yang lebih dekat, selain itu adanya faskes pesaing yang menawarkan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan kunjungan pasien di Klinik Pratama Sespim Polri Lembang. Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberi masukan kepada Kepala Klinik dan jajarannya dalam menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke Klinik Pratama Sespim Polri Lembang yang akan berpengaruh pada kenaikan jumlah pasien dan pendapatan Klinik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan wawancara disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Klinik Pratama Sespim Polri Lembang berdasarkan diagram analisis SWOT terletak pada Kuadran I yaitu strategi agresif, dapat dipilih beberapa alternatif strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatif strategi yang dapat dilakukan Klinik Pratama Sespim Polri Lembang berdasarkan diagram analisis SWOT yaitu menerapkan sistem dan prosedur secara professional, meningkatkan program pendidikan dan pelatihan terhadap petugas, memperluas pangsa pasar, dan memperkuat kerjasama dengan instansi lain selain Polri. Kata Kunci : Strategi dan Program Pemasaran, Kunjungan Pasien, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:53
Last Modified: 29 Sep 2023 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66118

Actions (login required)

View Item View Item