KONTRIBUSI INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATIONS (ILO) MELALUI PROGRAM NATIONAL CHILD LABOUR PROJECT (NCLP) DALAM MENANGANI EKSPLOITASI PEKERJA ANAK DI INDIA

KURNIAWAN, FITRIANA (2023) KONTRIBUSI INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATIONS (ILO) MELALUI PROGRAM NATIONAL CHILD LABOUR PROJECT (NCLP) DALAM MENANGANI EKSPLOITASI PEKERJA ANAK DI INDIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pekerja anak merupakan permasalahan sosial, ekonomi serta hak asasi manusia yang cukup serius. Pekerja anak yaitu dimana anak-anak yang terpaksa melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan usia mereka dan dapat merugikan kesejahteraan fisik, mental, atau moral mereka, serta mengganggu kesempatan mereka untuk bersekolah dan tumbuh dengan baik.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang sebab akibat dari pekerja anak yang terjadi di India. Untuk mencapai penelitiannya, maka metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari penelusuran perpustakaan yang bersumber dari buku-buku, jurnal, dokumen, dan website yang valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pekerjaan anak India dapat diminimalisir dengan terimplementasinya program NCLP. ILO memainkan peran penting dalam mengatasi eksploitasi pekerja anak di India melalui Program NCLP. Program ini merupakan inisiatif pemerintah India yang didukung oleh ILO untuk memberantas pekerja anak di sektor-sektor yang rentan seperti pertambangan, konstruksi, industri tekstil, dan rumah tangga. penelitian ini menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, organisasi internasional seperti ILO, masyarakat sipil, dan sektor swasta dalam menangani masalah pekerja anak. Kolaborasi yang efektif dapat mempercepat upaya untuk menghapuskan pekerja anak dan memastikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak di India. Kata Kunci: International Labour Organizations (ILO), pekerja anak, NCLP, India.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:26
Last Modified: 29 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66106

Actions (login required)

View Item View Item