KONSEP DIRI ANAK HASIL PERKAWINAN KOTRAK (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Konsep Diri Remaja Hasil Perkawinan Kontrak di Kawasan Cisarua-Puncak, Kabupaten Cianjur)

CANIAGO, NURLIHAYATI (2023) KONSEP DIRI ANAK HASIL PERKAWINAN KOTRAK (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Konsep Diri Remaja Hasil Perkawinan Kontrak di Kawasan Cisarua-Puncak, Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-KONSEP DIRI ANAK HASIL PERKAWINAN KOTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konsep Diri Anak Hasil Perkawinan Kontrak (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Konsep Diri Remaja Hasil Perkawinan Kontrak di Kawasan Cisarua-Puncak, Kabupaten Cianjur). Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif dimana penelitiannya menjelajahi fenomena kawin kontrak yang berada di kawasan Cisarua-Puncak hingga berdampak pada konsep diri anak hasil perkawinan kontrak tersebut. Sehingga penelitian ini bersifat induktif dan hasilnya menekankan makna. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi sebagai bentuk manusia yang mengkontruksi makna dan konsep-konsep penting dalam kerangka intersubjektivitas, yaitu pemahaman konsep diri remaja tersebut mengenai dunia dan sekelilingnya dibentuk oleh hubungannya dengan orang lain, walaupun makna yang diciptakan dapat ditelusuri dalam tindakan, karya, dan aktivitas yang dilakukan, tetap saja ada peran orang lain didalamnya. Paradigma kontruktivisme juga digunakan untuk mengetahui intepretasi, pandangan dan tanggapan dari individu terhadap konsep diri yang terbentuk. Proses pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan penulis uraikan sehingga dapat diketahui motif, tindakan dan makna sebuah konsep diri pada remaja tersebut sebagai anak hasil perkawinan kontrak terbentuk karena lingkungan yang dibangun atas hubungannya dengan orang-orang disekelilingnya, hal tersebut dipengaruhi pola asuh dari orangtua yang kurang sehingga bentuk percaya dirinya juga berpengaruh terhadap pandangannya atas orang lain. Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan dalam membentuk konsep diri perlu adanya kesadaran dari diri sendiri begitupun orang lain karena hal tersebut akan berpengaruh dalam setiap pengalaman kepribadian individu yang akan membentuknya agar menjadi baik. Penelitian ini juga diharapkan menjadi sebuah informasi dan pengetahuan bagi khalayak tentang fenomena kawin kontak serta konsep diri. Kata kunci: Fenomenologi, Motif, Tindakan, Makna, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:23
Last Modified: 30 Sep 2023 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66080

Actions (login required)

View Item View Item