PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA MULTI PENGHASILAN HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT DI DESA CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG

Umah, Isfiraini Tiara (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA MULTI PENGHASILAN HUMAN INITIATIVE JAWA BARAT DI DESA CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
3. abstrak .pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1 .pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II .pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar pustaka .pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover .pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. daftar isi .pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. kata pengantar .pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Multi Penghasilan yang dilakukan oleh Human Initiative Jawa Barat di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi program, hambatan yang dihadapi, solusi yang ditemukan, serta implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial yang temukan. Metode penelitian melibatkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung kegiatan program dan interaksi antara program dengan masyarakat. Wawancara dilakukan dengan penerima manfaat program keluarga multi penghasilan, pihak Human Initiative, dan pihak terkait lainnya untuk memperoleh perspektif mereka tentang pemberdayaan masyarakat dan implementasi program. Studi dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen terkait program dan pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Keluarga Multi Penghasilan di Desa Cimenyan berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelatihan keterampilan dan akses terhadap modal. Pelatihan keterampilan mencakup berbagai bidang mencakup berwirausahaan dan pemasaran produk jasa ataupun barang. Sementara itu, akses modal diberikan dalam bentuk bantuan keuangan untuk mendukung usaha mikro dan kecil masyarakat. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa hambatan yang dihadapi dalam implementasi program, termasuk keterbatasan sumber daya seperti dana, fasilitas, dan fasilitator (pendaming). Untuk mengatasi hambatan ini, strategi kolaborasi multi pihak dengan berbagai stakeholder dilakukan, termasuk pemerintah setempat, perusahaan dan institusi, serta komunitas setempat. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperoleh dukungan sumber daya lebih luas dalam memperluas jangkauan program serta melibatkan peran pekerja sosial dalam secara praktis dan teoritis. Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Program Keluarga Multi Penghasilan, Human Initiative, implikasi pekerja sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:47
Last Modified: 29 Sep 2023 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66064

Actions (login required)

View Item View Item