ANALISIS GROSS PRODUCT WORTH (GPW) CRUDE OIL DOMESTIK DAN IMPOR TERHADAP PEMILIHAN BAHAN BAKU PADA CRUDE DISTILLATION UNIT (CDU) (STUDI KASUS : PT. PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT VI)

KAMALAH, SANIYA MUHAJARAH (2023) ANALISIS GROSS PRODUCT WORTH (GPW) CRUDE OIL DOMESTIK DAN IMPOR TERHADAP PEMILIHAN BAHAN BAKU PADA CRUDE DISTILLATION UNIT (CDU) (STUDI KASUS : PT. PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT VI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Saniya Muhajarah Kamalah_183010151_Teknik Industri 20230922_095511.pdf

Download (660kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit VI dalam situasi tertentu jumlah produksi crude didasarkan pesanan dari permintaan atau pesanan dari perusahaan lain untuk mencukupi peningkatan permintaan pada saat-saat tertentu. Oleh karena itu bahan baku menjadi sangat penting untuk terus beroperasi agar dapat memaksimalkan keuntungan serta menjaga persediaan bahan baku yang akan dijadikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Metode Gross Product Worth (GPW) menghitung keekonomian suatu crude oil sebelum masuk proses pengolahannya, berdasarkan yield crude dan produk dibandingkan dengan harga crude. Sehingga perusahaan menginginkan peneliti dalam tugas khusus membuat rekomendasi dengan mengacu pada perhitungan Gross Product Worth (GPW) masing-masing crude berdasarkan dari data yang diberikan sehingga hasilnya bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam meningkatkan revenue bagi pihak perusahaan. Berdasarkan permasalahan telah terjadi yaitu penurunan produksi Duri Crude dan Sumatran Light Crude (SLC) atau Minas. Setelah melakukan proses perhitungan menggunakan metode Gross Product Worth maka memang terlihat cukup jelas Duri Crude dan Sumatran Light Crude (SLC) atau Minas berada dalam urutan dua terbawah. Sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah dengan merekomendasikan tiga crude oil yang tidak terdapat nilai negatif dari hasil perhitungan nilai Gross Product Worth yaitu crude oil Low Sulphur Waxy Residue (LSWR V-1250), crude oil Jatibarang, crude oil Cinta. Kata kunci: Crude Oil, Crude Destillation Unit, Gross Product Worth (GPW)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2023
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:54
Last Modified: 29 Sep 2023 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66057

Actions (login required)

View Item View Item