DAMPAK EMBARGO UNI EROPA KEPADA RUSIA TERHADAP HUBUNGAN BILATERAL JERMAN- RUSIA IMPACT OF THE EU EMBARGO ON RUSSIAN ON GERMAN-RUSSIAN BILATERAL RELATIONSHIP

HANIFAH, SYELLA FARGINA (2023) DAMPAK EMBARGO UNI EROPA KEPADA RUSIA TERHADAP HUBUNGAN BILATERAL JERMAN- RUSIA IMPACT OF THE EU EMBARGO ON RUSSIAN ON GERMAN-RUSSIAN BILATERAL RELATIONSHIP. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Syella F H 192030060.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafrtar Isi Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar Skripsi Syella F H (192030060).pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina ditandai adanya invasi militer dari Rusia pada 24 Februari 2022 yang terjadi di perbatasan wilayah Ukraina. Rusia merasa kedaulatannya terancam karena niatan Ukraina untuk bergabung ke dalam NATO. Uni Eropa yang merupakan bagian dari NATO ingin menghentikan konflik tersebut dengan menjatuhkan sanksi berupa embargo ekonomi. Terdiri dari enam paket sanksi dengan tujuan untuk melemahkan ekonomi Rusia agar tidak bisa membiayai invasi tersebut. Namun Rusia meresponnya dengan menghentikan pasokan gasnya ditandai dengan penghentian pipa Nord Stream dan berdampak terhadap kerja sama bilateral Jerman-Rusia, Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui tentang dampak dari embargo yang dilakukan Uni Eropa kepada Rusia terhadap hubungan bilateral Jerman-Rusia, Dilihat dari hubungan bilateral kedua negara yaitu Rusia-Jerman yang mempunyai kepentingan ekonomi, dimana Rusia sebagai pemasok energi terbesar dan Jerman sangat bergantung terhadap pasokan energi dari Rusia. Dengan menggunakan pendekatan Neorealisme. Konsep Politik Internasional, Politik Luar Negeri, Ekonomi Politik Internasional dan Kerjasama Bilateral. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan studi kepustakaan dalam mencari data primer dan juga sekunder. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah embargo yang dilakukan Uni Eropa berdampak terhadap hubungan bilateral Jerman-Rusia. Dimana Rusia menghentikan proyek Kerjasama pipa gas Nord Stream II. Sehingga membuat Jerman harus mencari negara lain untuk memenuhi kebutuhannya seperti Qatar, Uni Emirates Arab (UEA), dan negara-negara Afika. Serta Rusia harus mencari negara- negara lain untuk mengekspor gasnya, seperti India, Turki, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China, Siberia. Kata Kunci: Sanksi Uni Eropa, Embargo Rusia, Penghentian Nord Stream, Kerjasama Bilateral Jerman-Rusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 17:43
Last Modified: 27 Sep 2023 17:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65399

Actions (login required)

View Item View Item