ANALISIS PELUANG PENGEMBANGAN BISNIS PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL DI KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus Pada CV. MUGIJAYA)

Putri, Damia Kurnia (2023) ANALISIS PELUANG PENGEMBANGAN BISNIS PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL DI KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus Pada CV. MUGIJAYA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

CV. MUGIJAYA di Kabupaten Bandung merupakan perusahaan menengah yang bergerak di bidang penyewaan arena olahraga dan pengolahan limbah, khususnya limbah tekstil padat seperti selongsong, kardus, dan majun. Pengolahan limbah seharusnya menjadi sarana yang menguntungkan. Namun dalam praktik pengolahan limbah tekstil ini masih dilakukan secara bertahap dan terkesan bergantung kepada pengepul terutama pengolahan limbah tekstil padatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan dan bagaimana peluang pengembangan bisnis yang ada pada perusahaan CV. MUGIJAYA. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Adapiun informan dalam penelitian ini yaitu pemilik CV. MUGIJAYA, manajer perusahaan, bagian keuangan perusahaan, pengepul, dan karyawan pada CV. MUGIJAYA. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah jenis limbah CV. MUGIJAYA termasuk ke dalam karakteristik peluang pengembangan bisnis yang bagus, limbah yang sudah melaui proses penyortiran bisa menjadi hal yang bermanfaat. Peluang pengembangan bisnis pada perusahaan ini memanfaatkan sosial media seperti TikTok dan Facebook. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk memberitahu kepada masyarakat luas mengenai ide bisnis pengolahan limbah industri tekstil dan juga memperkuat brand CV. MUGIJAYA. Hambatan yang ada pada perusahaan tersebut adalah mengenai pemasaran dan mesin yang terbatas. Namun, upaya untuk mengatasinya CV. MUGIJAYA mampu menyeimbangkan keuntungan yang diperoleh bahkan perusahaan ini juga mampu meningkatkan kualitas limbah yang telah diolah sehingga mengalami peningkatan keuntungan dari hasil penjualan olahan limbah padat tersebut. Saran peneliti bagi CV. MUGIJAYA agar lebih memperhatikan peluang pengembangan bisnis, dengan memanfaatkan sosial media yang lain seperti Instagram, Twitter, dan lain - lain. Dan juga pada ketersediaan mesin harus diperbanyak lagi agar perusahaan dapat lebih banyak meraup keuntungan dan lebih berkembang. Kata Kunci: Peluang Pengembangan Bisnis, Pengolahan Limbah Industri Tekstil

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:43
Last Modified: 27 Sep 2023 09:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65378

Actions (login required)

View Item View Item