Model Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman dan Komunikasi Matematika, serta Motivasi Belajar Siswa

Asharimudin, Muhamad (2023) Model Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman dan Komunikasi Matematika, serta Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
5438-Article Text-26558-1-10-20221205.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching, menganalisis motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching, serta menganalisis korelasi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar, dan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan langkah penelitian yaitu membuat instrumen penelitian, melakukan tindakan penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, membuat kesimpulan dan laporan penelitian. Populasi adalah siswa X di salah satu MAN di kota Ciamis dengan sampel dua kelas sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika, angket motivasi belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional, Motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional, Terdapat hubungan yang positif antara peningkatan kemampuan pemahaman dengan peningkatan komunikasi matematika siswa, peningkatan kemampuan pemahaman matematika dengan motivasi belajar siswa, dan peningkatan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Embedded experimental model, Peer Teaching, Perbandingan Trigonometri.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:02
Last Modified: 27 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65365

Actions (login required)

View Item View Item