Sobari, Santika Rizki, 195060060 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATANPENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR(Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V di SDS366 IRK dan SDS Budi Sastra). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu dari berbagai mata pelajaran penunjangpendidikan Sekolah Dasar. Kenyataan yang ditemui peneliti menunjukkanhasil belajar matematika yang kurang memuaskan terutama dalam pemecahan masalahmatematis peserta didik. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematissiswa dikarenakan kebiasaan siswa yang tidak mampu mengidentifikasi apa yangdiketahui dan ditanyakan dalam soal. Melihat permasalahan di atas solusi peneliti mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaranyang inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran inovatif yang dapat digunakan salah satunya adalah Pendekatan Pendidikan MatematikaRealistik (PMR). Pendekatan PMR adalah suatu pendekatan yang memberikankebebasan kepada peserta didik untuk menemukan konsep matematika dengancaranya sendiri dengan bimbingan orang dewasa melalui permasalahan yangnyatadalam kehidupan sehari– hari. Pendekatan penelitian dalampenelitianini menggunakan penelitian kuantitatif, dimana data penelitian berupa angka- angkadan analisis menggunakan statistik. Dan mengugunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Subyek dalampenelitian ini adalah siswa kelas V SDS IRK sebagai kelas eksperimen dankelasV SDS Budi Sastra sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalahsoal tes kemampuan pemecahan masalah matematis tipe uraian. Hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah matematis antara sebelumdan sesudahpembelajaran yang digunakan perlakuan meningkat. Pada kelas eksperimensebesar 74,51% dan jika dilihat dari nilai rata-ratanya terdapat peningkatandari 40,75 menjadi 84,75. Sedangkan peningkatan kemampuan pemecahan masalahmatematis kelas kontrol sebesar 35,58% dan jika dilihat dari nilai rata-ratanyaterdapat peningkatan dari 39,00 menjadi 60,25. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 07:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65355 |
Actions (login required)
View Item |