PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM RAJUT NIGOO BANDUNG

Cahyo, Bagus Nur (2023) PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM RAJUT NIGOO BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Bagus Nur Cahyo.pdf

Download (3kB) | Preview

Abstract

Rajut Nigoo merupakan salah satu bisnis dibidang fashion yang didirikan sejak 2021 akan tetapi sebenarnya perusahaan ini sudah berjalan dari tahun 1998. Nigoo adalah nama merk yang digunakan untuk label baju yang dijual. Peneliti menemukan masalah dalam kegiatan perusahaan yaitu keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara permasalahan tersebut diduga karena desain produk yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk UKM Rajut Nigoo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Teknik data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa observasi non pastisipan, wawancara tersturktur, dan penyebaran angket kepada 45 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji realibilitas, regresi linear sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian desain produk dan keputusan pembelian dengan menggunakan uji koefisien determinasi kontribusi menunjukan bahwa variabel desain produk dan variabel keputusan pembelian konsumen memiliki pengaruh sebesar 52.5 %. sisanya, sebesar 47.5 % yang disebabkan oleh faktor- faktor lain yang tidak teridentifikasi seperti faktor harga dan promosi yang masih kurang. Adapun hambatan-hambatan yang dirasakan UKM Rajut Nigoo yaitu Desain produk yang kurang kekinian dan kurang mengikuti perkembangan zaman, yang menyebabkan konsumen lebih memilih produk pesaing dan juga belum ada pembeda dari produk pesaing atau ciri khas dari produk UKM Rajut Nigoo. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu lebih mengikuti arus perkembangan zaman dan melihat model-model apa saja yang sedang trending melalui sosial media seperti pinterest untuk mengetahui update terbaru seputar bisnis fashion dan juga menggunakan jasa desainer untuk mendesain produk baru supaya menarik konsumen untuk mebeli. Kata kunci : Desain Produk dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:52
Last Modified: 27 Sep 2023 05:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65336

Actions (login required)

View Item View Item