PENGARUH PENGUNGKAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) BERBASIS AKRUAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020-2021)

Vina Maghvira Tugiman, 194020072 and Dr. Ifa Ratifah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH PENGUNGKAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) BERBASIS AKRUAL DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020-2021). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan_VINA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis Pengungkapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020-2021. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020-2021 sebanyak 54 Laporan Keuangan Pemerintah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan sampling jenuh. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik, matriks klasifikasi, uji parsial (uji wald), koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan sebesar 96,35 artinya artinya semakin lengkap melakukan pengungkapan maka laporan keuangan akan berkualitas, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah berpengaruh positif secara signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan sebesar 3,6 semakin efektif laporan keuangan makan laporan keuangan akan berkualitas. Kata Kunci : Pengungkapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:12
Last Modified: 27 Sep 2023 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65312

Actions (login required)

View Item View Item