ANALISIS BIAYA EKONOMI PADA PASIEN PENGIDAP KANKER DI KOTA BANDUNG: STUDI KASUS PASIEN KANKER YANG TERGABUNG DALAM BANDUNG CANCER SOCIETY (BCS)

Ulfah Mawaddah, 194030003 and Endang Rostiana.SE.,MT, Pembimbing (2023) ANALISIS BIAYA EKONOMI PADA PASIEN PENGIDAP KANKER DI KOTA BANDUNG: STUDI KASUS PASIEN KANKER YANG TERGABUNG DALAM BANDUNG CANCER SOCIETY (BCS). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Bab 2.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Bab 3.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfah Mawaddah - Lembar Pengesahan ACC SA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien kanker dari aspek demografi dan kesehatan, pembiayaan penyakit kanker yang diberikan oleh pemerintah dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN – BPJS Kesehatan), serta apa saja komponen dan besaran biaya ekonomi berupa biaya langsung (direct cost), biaya tidak langsung (indirect cost), biaya eksplisit (explicit cost), dan biaya implisit (implicit cost) dalam pengobatan pengobatan kanker. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan memadukan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan data primer melalui wawancara mendalam (indepth interview) yang dilakukan secara tatap muka langsung bersama sebagian narasumber dan selebihnya melalui pengisian kuesioner pada laman google forms. Narasumber merupakan pasien pengidap kanker yang merupakan anggota dari Bandung Cancer Society (BCS), pihak Badan Jaminan Penyelenggaraan Sosial Republik Indonesia (BPJS Kesehatan RI) Kedeputian Wilayah V, serta salah satu rumah sakit milik pemerintah yang berlokasi di Kota Bandung. Dapat disimpulkan bahwa karakteristik demografi dan kondisi kesehatan pasien memperngaruhi nilai biaya eksplisit, biaya implisit, dan biaya ekonomi dalam pengobatan kanker. Selain itu variasi nilai biaya juga terjadi karena dalam JKN-BPJS terdapat pengklasifikasian tipe rumah sakit, tingkatan kelas, maupun komponen dan besaran biaya yang ditanggung. Kata kunci: Biaya Ekonomi, Kanker, Bandung Cancer Society (BCS).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:28
Last Modified: 27 Sep 2023 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65301

Actions (login required)

View Item View Item