PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KONSERVATISME AKUNTANSI, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021)

Intan Netra Kemala, 194020061 and Dadan Soekardan, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2023) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KONSERVATISME AKUNTANSI, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_Cover Skripsi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_Abstrak Skripsi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intan Netra Kemala_Lembar Pengesahan.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk penganalisa Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Konservatisme Akuntansi, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021. Dengan Mekanisme Corporate Governance, Konservatisme Akuntansi, dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel independen. Manajemen Laba sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.is dan www.sahamok.net . Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 15 sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis asosiatif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterskedasitas, uji autokorelasi, uji hipotesis (t), analisis regresi logistik, analisis korelasi dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPAS Versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba pengaruh sebesar 33.4%. Kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sebesar 36.8%. Komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sebesar 54.7%. Komite audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sebesar 19.7%. Konservatisme akuntansi berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sebesar 39.1%. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sebesar 43%. Kata Kunci : Mekanisme Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:22
Last Modified: 27 Sep 2023 01:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65300

Actions (login required)

View Item View Item