DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN DI KARAWANG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Perpustakaan Jalanan di Karawang)

Pamungkas, Haikal (2023) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN DI KARAWANG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Perpustakaan Jalanan di Karawang). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI- Haikal 192050470.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA- Haikal 192050470.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK- Haikal 192050470.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II- Haikal 192050470.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI- Haikal 192050470.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I- Haikal 192050470.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR- Haikal 192050470.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN- Haikal 192050470.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dinamika Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Perpustakaan Jalanan di Karawang” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Perpustakaan Jalanan di Karawang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi kelompok pada komunitas perpustakaan jalanan Karawang dalam perkembangan hubungan pada setiap anggota sehingga terjadi dinamika komunikasi yang baik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep Komunikasi Kelompok yang dibuat Fisher dengan melihat empat fase yang dilalui oleh diskusi kelompok yakni fase orientasi, fase konflik, fase timbulnya sikap-sikap baru dan fase dukungan. Dengan difokuskan menggunakan teori Penetrasi Sosial yang dikembangkan oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor untuk mengethaui penerapan teori penetrasi sosial dalam perkembangan hubungan pada anggota komunitas perpustakaan jalanan di Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini yakni 8 (delapan) orang yang terdiri dari 3 (tiga) informan ahli, 3 (tiga) informan utama, 1 (satu) informan pendukung, dan 1 (satu) informan akademisi. Hasil penelitian ini menunjukan dinamika komunikasi kelompok yang terjalin pada komunitas perpustakaan jalanan di Karawang sesuai dengan empat konsep komunikasi kelompok yakni orientasi, konflik, sikap baru dan dukungan. Kesimpulan penelitian ini ialah orientasi kelompok memakan waktu dua minggu sampai satu bulan, konflik yang paling sering terjadi adalah kurangnya kontribusi para anggota dan hilangnya buku-buku yang di pinjamkan, sikap baru yang timbul adalah cenderung lebih berhati-hati ketika hendak meminjamkan buku, lebih bersikap dewasa, yakni memahami masing-masing karakteristik individu agar terjalin hubungan yang baik, serta dukungan yang diberikan berupa motivasi, semangat dan adanya rangkulan serta mempererat hubungan emosional. Kata Kunci: Dinamika, Komunikasi Kelompok, Komunitas, Perpustakaan Jalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:40
Last Modified: 25 Sep 2023 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65227

Actions (login required)

View Item View Item