IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Ramadhanty, Fadilla Anandya, 195040086 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga bidang pendidikan harus mengikuti kemajuan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran yaitu aplikasi berbasis android dengan melibatkan permainan edukasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu penggunaan aplikasi ethnoedugames yang melibatkan permainan bebentengan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain non equivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan oleh penelitian ini yaitu kelas VIII di SMPN 35 Bandung. Data yang didapatkan berasal dari hasil penelitian dengan soal pre-test dan post-test 25 soal pilihan ganda, soal non-test berupa angket respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames. Berdasarkan perhitungan NGain penggunaan aplikasi Ethno-edugames (Bebentengan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem eksresi. Pada angket siswa terhadap aplikasi ethno-edugames memiliki kategori sangat baik pada setiap indikator. Hasil angket respon siswa terhadap aplikasi Ethno-edugames (bebentengan) memiliki respon yang positif pada hasil belajar dengan materi sistem eksresi. Manfaat dari penelitian ini yaitu meminimalisir tingkat kejenuhan siswa dalam belajar serta melestarikan permainan tradisional dalam bidang pendidikan dan dapat memberikan metode belajar terbaru yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan teknologi tetapi tidak menghilangkan unsur kebudayaan di Indonesia Kata Kunci : Teknologi, Ethno-edugames, Hasil belajar, Sistem Ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:24
Last Modified: 25 Sep 2023 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65226

Actions (login required)

View Item View Item