INTERAKSI SIMBOLIK ORANG TUA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK REMAJA DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pembentukan Karakter Anak di SMPN 1 Bandung)

Nurhayati, Dini Intan Sri (2023) INTERAKSI SIMBOLIK ORANG TUA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK REMAJA DI KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pembentukan Karakter Anak di SMPN 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Interaksi Simbolik Pada Pembentukan Karakter Anak Remaja di Kota Bandung” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pembentukan Karakter Anak di SMPN 1 Bandung), penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya proses komunikasi yang buruk antara orang tua dengan anak akan mengakibatkan umpan balik dari komunikasi interpersonal yang tidak efektif. Terkadang banyak hal – hal mendalam yang dirasakan oleh remaja tentang orang tua mereka, seperti orang tua sering memaksa mereka untuk berbuat yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Orang tua terlalu percaya bahwa mereka tahu yang benar tentang berbagai hal, berusaha untuk memaksa kepada anak atau berlaku berkuasa terhadap anak mereka. Tujuan dari penelitian ini yakni Untuk mengetahui mind orang tua dalam membentuk karakter anak remaja, Untuk mengetahui self orang tua dalam membentuk karakter anak remaja, Untuk mengetahui society orang tua dalam membentuk karakter anak remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teori Interaksi Simbolik milik George Herbert Mead sebagai landasan teori. Sedangkan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan informan penelitian. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat peran penting antara interaksi simbolik dengan pembentukan karakter anak, hal ini terjawab dari ke-lima jawaban informan yang menerapkan langsung tiga konsep interaksi simbolik diantaranya mind, self, dan society. Ke-lima informan merasakan pentingnya menjalin interaksi dengan anak mereka yang sedang pada tahap remaja, saat emosi remaja tidak stabil sebagai orang tua perlu menanggapi dengan benar salah satu caranya dengan memasuki dunia anak serta mengenali lingkungan sosialnya. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Orang Tua, Remaja, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:33
Last Modified: 22 Sep 2023 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65194

Actions (login required)

View Item View Item