Perkembangan Karakter Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Ramlan, Ramlan (2022) Perkembangan Karakter Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Ideas. Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8 (1). pp. 109-116. ISSN 2656-940x

[img]
Preview
Text
Perkembangan Karakter Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Realistis Mathematics Education (RME).pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Sebagian orang banyak yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran abstrak yang tidak ada hubungannya dengan moral. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Simpulan diperoleh bahwa: 1) Konsep matematika dapat disampaikan dalam bentuk kontekstual; 2) konsep matematika dalam bentuk kontekstual harus merupakan peristiwa kehidupan yang menarik bagi siswa; dan 3) guru harus memotivasi siswa agar selalu bertanya atas kemauannya sendiri. Kata kunci: Pendekatan RME, pengembangan karakter kritis, pembelajaran matematika, sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:35
Last Modified: 22 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65183

Actions (login required)

View Item View Item