PELATIHAN BAHAN AJAR DAN INSTRUMEN NUMERASI BAGI GURU SD PLUS AL- GHIFARI BANDUNG

Siti Aisyah, Euis and Mutiara Sari, Nenden and Yaniawati, Poppy and Firmansyah, Eka and Yuningsih, Euis (2023) PELATIHAN BAHAN AJAR DAN INSTRUMEN NUMERASI BAGI GURU SD PLUS AL- GHIFARI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
artikel pkm euis.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk; (1) mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning, (2) menganalisis efektivitas bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning terhadap literasi matematis peserta didik, (3) menganalisis literasi matematis peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning secara keseluruhan dan ditinjau dari gender, (4) menganalisis self efficacy peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning secara keseluruhan dan ditinjau dari gender, (5) menganalisis korelasi antara literasi matematis dengan self efficacy peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning secara keseluruhan dan ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Allesi & Trollip meliputi tahapan perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Produk penelitian ini barupa bahan ajar etnomatematika pada aplikasi mobile learning untuk materi trigonometri. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan; (1) Kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kelayakan termasuk kategori sangat layak dari uji alpha, sangat layak dari uji beta 1 dan kategori layak dari uji beta 2; (2)bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning memberikan efek yang tinggi terhadap literasi matematis peserta didik; (3) bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning meningkatkan literasi matematis peserta didik dengan kategori peningkatan sedang, terdapat perbedaan literasi matematis peserta didik laki – laki dan perempuan setelah menggunakan bahan ajar etnomatematika pada aplikasi mobile learning;(4) sebagian besar peserta didik telah memiliki sikap self efficacy dalam belajar setelah menggunakan bahan ajar berbasis etnomatematika pada aplikasi mobile learning, tidak terdapat perbedaan self efficacy peserta didik laki – laki dan perempuan setelah menggunakan bahan ajar etnomatematika pada aplikasi mobile learning;(5) Terdapat korelasi antara literasi matematis dan self efficacy peserta didik baik secara keseluruhan maupun ditinjau dari gender setelah menggunakan bahan ajar etnomatematika pada aplikasi mobile learning dengan hubungan kausalitas kuat. Kata Kunci : etnomatematika, mobile learning, literasi matematis, self efficacy, gender

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:39
Last Modified: 16 Nov 2023 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65102

Actions (login required)

View Item View Item