PERLINDUNGAN HUKUM TERKAIT PEMBAYARAN UPAH YANG MENGALAMI PENUNDAAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI PT. RANA GLOBAL CIKARANG KABUPATEN BEKASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN

Febranisa Erin, 191000225 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERKAIT PEMBAYARAN UPAH YANG MENGALAMI PENUNDAAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI PT. RANA GLOBAL CIKARANG KABUPATEN BEKASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
I. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
J. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
K. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Terjadinya penundaan dalam pembayaran upah terhadap tenaga kerja asing di PT. Rana Global Cikarang Kabupaten Bekasi yang menimbulkan kerugian terhadap tenaga kerja asing tersebut. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana perlindungan hukum terhadap tenaga kerja asing yang mengalami keterlambatan dan tertundanya dalam pembayaran upah di PT. Rana Global Cikarang Kabupaten Bekasi dalam perspektif Hukum Ketenagakerjaan, Bagaimana akibat hukum terhadap pembayaran upah tenaga kerja asing yang mengalami penundaan di PT. Rana Global Cikarang Kabupaten Bekasi, Bagaimana penyelesaiannya terkait pembayaran upah tenaga kerja asing yang mengalami penundaan yang dilakukan PT. Rana Global Cikarang Kabupaten Bekasi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif analitis yaitu berupa penggambaran, penelaahan dan penganalisaan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan metode pendekatan yuridis-normatif adalah metode penelitian hukum yang dilakukan dengan mempelajari literatur atau bahan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Tahap penelitian terdiri dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Alat pengumpulan data terdiri dari alat pengumpulan data kepustakaan dan alat pengumpulan data lapangan dan terakhir pengolahan data dilakukan dengan yuridis kualitatif. Hasil Penelitian bahwa perlindungan hukum terhadap tenaga kerja asing sebagai upaya pemenuhan jaminan hak asasi tenaga kerja adalah sama kedudukannya dengan tenaga kerja asal Indonesia. Akibat Hukum pembayaran terhadap tenaga kerja asing yang mengalami penundaan adalah termasuk dalam wanprestasi. Penyeleseaian sengketa Perselisihan Hubungan Industrial antara Tenaga Kerja Asing dan PT. Rana Gobal terlebih dahulu dilakukan upaya perundingan Bipartit, oleh karena tidak ditemukan kesepakatan dalam perundingan Bipartit, kemudian dilakukan mediasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi namun tidak dapat pula diselesaikan maka penyeleseaian sengketa Perselisihan Hubungan Industrial antara tenaga kerja asing dengan PT. Rana Global diselesaikan di Pengadilan Negeri Bandung kelas 1A Khusus. Kata Kunci : Upah, Tenaga Kerja Asing, Perselisihan Hubungan Industrial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:10
Last Modified: 14 Sep 2023 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65080

Actions (login required)

View Item View Item