ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN BERBASIS PASAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN BANK SAMPAH (Studi Kasus Bank Sampah Bersinar Kabupaten Bandung Jawa Barat)

Sukartono, Sri and Yusuf, Eddy and Mr, Juanim (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN BERBASIS PASAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN BANK SAMPAH (Studi Kasus Bank Sampah Bersinar Kabupaten Bandung Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL.doc

Download (953kB)
[img]
Preview
Text
Disertasi Sri Sukartono DIM.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah menjadi fenomena umum di berbagai negara. Timbunan sampah yang tidak terkendali dapat merusak keindahan kota, terganggunya kesehatan masyarakat, terjadinya bencana seperti banjir, pencemaran air, pencemaran udara dan lain sebagainya. Berbagai model pengelolaan sampah telah dilakukan beberapa pihak untuk mengurangi permasalahan sampah salah satunya melalui Bank Sampah. Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Bersinar, Bandung dan bersifat Kualitatif dilakukan menggunakan metode Exploratory Research dan metode wawancara secara Snowball Sampling kepada Pimpinan, para karyawan dan Nasabah Bank Sampah Bersinar, sebagai informan kunci. Menggunakan konsep Strategi Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotios, People, Process, Physical Evidence) dengan perencanaan pemasaran menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) oleh Philip Kotler dan Keller (2016) dan membuat analisa SWOT untuk memilih implementasi strategi kinerja pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang berisi tentang peluang dan ancaman dari segi aspek manajemen dan aspek pemasarannya maka dapat diketahui secara tepat, strategi apa yang akan diambil dalam proses dan kinerja pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan volume penjualan pada Bank Sampah Bersinar menggunakan Matriks SWOT. Perusahaan merancang kebijakan-kebijakan berdasarkan strategi kelemahan-peluang (WO), strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan- ancaman (ST) dan strategi kelemahan-ancaman (WT). Memberikan penyuluhan secara intens kepada para nasabah, dalam pemilahan sampah agar mempunyai nilai yang tinggi, memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada seperti perlu merekrut semua pemulung disekitar bank sampah agar menjadi nasabah di Bank Sampah Bersinar. Kata Kunci: Bank Sampah, Pangembangan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran Permasalahan sampah menjadi fenomena umum di berbagai negara. Timbunan sampah yang tidak terkendali dapat merusak keindahan kota, terganggunya kesehatan masyarakat, terjadinya bencana seperti banjir, pencemaran air, pencemaran udara dan lain sebagainya. Berbagai model pengelolaan sampah telah dilakukan beberapa pihak untuk mengurangi permasalahan sampah salah satunya melalui Bank Sampah. Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Bersinar, Bandung dan bersifat Kualitatif dilakukan menggunakan metode Exploratory Research dan metode wawancara secara Snowball Sampling kepada Pimpinan, para karyawan dan Nasabah Bank Sampah Bersinar, sebagai informan kunci. Menggunakan konsep Strategi Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotios, People, Process, Physical Evidence) dengan perencanaan pemasaran menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) oleh Philip Kotler dan Keller (2016) dan membuat analisa SWOT untuk memilih implementasi strategi kinerja pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang berisi tentang peluang dan ancaman dari segi aspek manajemen dan aspek pemasarannya maka dapat diketahui secara tepat, strategi apa yang akan diambil dalam proses dan kinerja pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan volume penjualan pada Bank Sampah Bersinar menggunakan Matriks SWOT. Perusahaan merancang kebijakan-kebijakan berdasarkan strategi kelemahan-peluang (WO), strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan- ancaman (ST) dan strategi kelemahan-ancaman (WT). Memberikan penyuluhan secara intens kepada para nasabah, dalam pemilahan sampah agar mempunyai nilai yang tinggi, memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada seperti perlu merekrut semua pemulung disekitar bank sampah agar menjadi nasabah di Bank Sampah Bersinar. Kata Kunci: Bank Sampah, Pangembangan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran Permasalahan sampah menjadi fenomena umum di berbagai negara. Timbunan sampah yang tidak terkendali dapat merusak keindahan kota, terganggunya kesehatan masyarakat, terjadinya bencana seperti banjir, pencemaran air, pencemaran udara dan lain sebagainya. Berbagai model pengelolaan sampah telah dilakukan beberapa pihak untuk mengurangi permasalahan sampah salah satunya melalui Bank Sampah. Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Bersinar, Bandung dan bersifat Kualitatif dilakukan menggunakan metode Exploratory Research dan metode wawancara secara Snowball Sampling kepada Pimpinan, para karyawan dan Nasabah Bank Sampah Bersinar, sebagai informan kunci. Menggunakan konsep Strategi Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotios, People, Process, Physical Evidence) dengan perencanaan pemasaran menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) oleh Philip Kotler dan Keller (2016) dan membuat analisa SWOT untuk memilih implementasi strategi kinerja pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang berisi tentang peluang dan ancaman dari segi aspek manajemen dan aspek pemasarannya maka dapat diketahui secara tepat, strategi apa yang akan diambil dalam proses dan kinerja pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan volume penjualan pada Bank Sampah Bersinar menggunakan Matriks SWOT. Perusahaan merancang kebijakan-kebijakan berdasarkan strategi kelemahan-peluang (WO), strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan- ancaman (ST) dan strategi kelemahan-ancaman (WT). Memberikan penyuluhan secara intens kepada para nasabah, dalam pemilahan sampah agar mempunyai nilai yang tinggi, memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada seperti perlu merekrut semua pemulung disekitar bank sampah agar menjadi nasabah di Bank Sampah Bersinar. Kata Kunci: Bank Sampah, Pangembangan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran Permasalahan sampah menjadi fenomena umum di berbagai negara. Timbunan sampah yang tidak terkendali dapat merusak keindahan kota, terganggunya kesehatan masyarakat, terjadinya bencana seperti banjir, pencemaran air, pencemaran udara dan lain sebagainya. Berbagai model pengelolaan sampah telah dilakukan beberapa pihak untuk mengurangi permasalahan sampah salah satunya melalui Bank Sampah. Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Bersinar, Bandung dan bersifat Kualitatif dilakukan menggunakan metode Exploratory Research dan metode wawancara secara Snowball Sampling kepada Pimpinan, para karyawan dan Nasabah Bank Sampah Bersinar, sebagai informan kunci. Menggunakan konsep Strategi Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotios, People, Process, Physical Evidence) dengan perencanaan pemasaran menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) oleh Philip Kotler dan Keller (2016) dan membuat analisa SWOT untuk memilih implementasi strategi kinerja pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang berisi tentang peluang dan ancaman dari segi aspek manajemen dan aspek pemasarannya maka dapat diketahui secara tepat, strategi apa yang akan diambil dalam proses dan kinerja pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah dan volume penjualan pada Bank Sampah Bersinar menggunakan Matriks SWOT. Perusahaan merancang kebijakan-kebijakan berdasarkan strategi kelemahan-peluang (WO), strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan- ancaman (ST) dan strategi kelemahan-ancaman (WT). Memberikan penyuluhan secara intens kepada para nasabah, dalam pemilahan sampah agar mempunyai nilai yang tinggi, memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada seperti perlu merekrut semua pemulung disekitar bank sampah agar menjadi nasabah di Bank Sampah Bersinar. Kata Kunci: Bank Sampah, Pangembangan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:25
Last Modified: 15 Jan 2024 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65052

Actions (login required)

View Item View Item