PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Kasus di Desa Dawuan Kabupaten Majalengka)

Sadiyah, Adisty Halimatus (2023) PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Kasus di Desa Dawuan Kabupaten Majalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peran Badan Permusyawaratan Desa berdasarkan Undang-Undang No.6 tahun 2014 di Desa Dawuan Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menampilkan Peran Badan Permusyawaratan Desa di Desa Dawuan Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka dalam menanggapi aspirasi masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan masalah seperti kurang berperannya anggota BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat baik itu kepada pemerintah desa maupun kepada masyarakat itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kondisi BPD di desa Dawuan pada saat ini kurang berjalan dengan baik. Seperti kurangnya interaksi BPD dengan masyarakat, kurang terbukanya kepala Desa kepada BPD dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai mitra kerja. 2) Dalam tugasnya BPD menampung aspirasi masyarakat, telah melaksanakan tugasnya dengan cukup baik, walaupun masih ada beberapa aspirasi dari masyarakat yang belum bisa dilaksanakan. 3)Kendala yang dihadapi BPD Desa Dawuan yaitu mekanisme kerja dari pemerintah desa yang kurang terbuka kepada BPD, kurangnya pemahaman dari pemerintah atas kedudukan BPD di Desa Dawuan, kesibukan anggota BPD diluar aktivitasnya sebagai anggota BPD, dan tidak adanya penghargaan kepada anggota BPD(dana operasional yang tidak mencukupi). 4) Upaya yang dilakukan BPD Desa Dawuan dalam mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya dengan melakukan berbagai kegiatan seperti mengadakan rapat koordinasi dengan pemerintah desa, diskusi rutin atau pertemuan dengan RT, RW, dan tokoh masyarakat. Kata Kunci; Peran, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Aspirasi Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:31
Last Modified: 11 Sep 2023 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65051

Actions (login required)

View Item View Item