IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN CIMAHI MANDIRI 2

SHALEHA , GHEA PUTRI, 195040075 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN CIMAHI MANDIRI 2. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil akhir yang kemudian dijadikan ukuran keberhasilan dalam suatu metode pembelajaran yang guru terapkan. Dengan begitu tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Cimahi Mandiri 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design with pre-test and post-test. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal test dan angket respon siswa. Terdapat dua sample dalam penelitian ini dengan jumlah siswa masing-masing kelas 25 siswa yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata N-gain 0,69 (sedang) pada kelas eksperimen, sedangkan nilai rata-rata N-gain 0,28 (rendah) pada kelas kontrol. Selanjutnya melihat hasil angket respon siswa didapatkan hasil yang positif dan rata-rata persentase sebesar 81,9% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi ethno-edugames bebentengan lebih baik. Adapun hasil angket siswa yang dapat dikatakan sangat baik untuk pembelajaran menggunakan aplikasi ethno-edugames bebentengan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Ethno-Edugames; Hasil Belajar; Organ Gerak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:10
Last Modified: 11 Sep 2023 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65032

Actions (login required)

View Item View Item