MODEL KONSEPTUAL PADA MANAJEMEN RANTAI PASOK AGRIBISNIS KOMODITAS KOPI DI JAWA BARAT (Studi Kasus : IKM/UKM Komoditas Kopi di Jawa Barat)

RAMADHAN, TOTO (2023) MODEL KONSEPTUAL PADA MANAJEMEN RANTAI PASOK AGRIBISNIS KOMODITAS KOPI DI JAWA BARAT (Studi Kasus : IKM/UKM Komoditas Kopi di Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel_Jurnal final 09 sept 23.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisi dan melakukan pengujian proposisi, serta membuat kesimpulan dan saran. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1). Rantai pasok kopi di Jawa Barat memiliki beberapa alur yang berbeda di masing-masing wilayah. Ketersediaan fasilitas dan sumber daya menjadi salah satu faktor perbedaan penanganan distribusi kopi dalam suatu wilayah, 2). Pola manajemen rantai pasok agribisnis komoditas kopi Jawa Barat terdapat tiga aliran supply chain yaitu aliran produk, aliran informasi, dan aliran finansial. Aliran produk atau aliran barang ini mengalir dari hulu (unpstream) hingga ke hilir (downstream), 3). Pola manajemen rantai pasok agribisnis komoditas kopi Jawa Barat ini mempunyai 7 tire rantai pasok, yaitu ; tire petani, tire kelompok tani, tire distributor, tire pedagang besar, tire ritel, tire kedai kopi, dan tire roastery. Model konseptual manajemen rantai pasok agribisnis komoditas Kopi Jawa Barat digunakan untuk meningkatkan kinerja rantai pasok serta mengoptimalkan jaringan rantai pasok kopi dan meningkatkan daya saing pelaku rantai pasok kopi Jawa Barat Kata Kunci: Rantai Pasok Kopi, Model Konseptual

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:13
Last Modified: 09 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65025

Actions (login required)

View Item View Item