PENGARUH PENGELOLAAN ASET DESA OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) KARYA MANDIRI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat)

AMANDA, NESYA, 195020032 (2023) PENGARUH PENGELOLAAN ASET DESA OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) KARYA MANDIRI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pengelolaan aset desa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan asli desa. Ekonomi masyarakat desa yang baik yaitu suatu lingkungan yang memungkinkan masyarakatnya dapat menikmati kehidupan yang sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah: (i) untuk mengetahui pengelolaan aset desa oleh BUMDes Karya Mandiri Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat; (ii) untuk mengetahui kondisi tingkat ekonomi masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat; (iii) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan aset desa oleh BUMDes Karya Mandiri terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Jumlah sampel yang diambil adalah 97 responden. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana yang diolah dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) 20 For Windows. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, dokumentansi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) pengelolaan aset Desa oleh BUMDes Karya Mandiri Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat termasuk dalam kategori baik (ii) ekonomi masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat termasuk kedalam kategori baik. (iii) Terdapat pengaruh pengelolaan aset desa terhadap ekonomi masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat dengan kategori cukup kuat. Kata Kunci: Pengelolaan Aset Desa, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:25
Last Modified: 08 Sep 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65006

Actions (login required)

View Item View Item