PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP

NURWIDIANTI, DIANI, 195050062 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) BAB II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
(10) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
(11) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(12) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
(13) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL DIANI NURWIDIANTI.pdf

Download (742kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika amat penting bagi kehidupan sehari-hari, namun disisi lain matematika yang berisi angka atau simbol yang kompleks membuat siswa kurang memahaminya. Diperlukan kemampuan untuk menafsirkan ide matematika ke dalam pemahaman kehidupan sehari-hari yaitu kemampuan komunikasi matematis. Komunikasi yang dilakukan dapat terjadi bila memiliki self-confidence, agar ide dan gagasan matematis dapat tersampaikan dengan baik. Namun dalam kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence adalah model project-based learning dengan bantuan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran; (4) mengetahui model project-based learning berbantuan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Seluruh siswa kelas VIII SMP Daya Warga Bakti ditetapkan sebagai populasi penelitian. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Analisis data menggunakan analisis statistic parametris-uji t yang kemudian diolah menggunakan software SPSS 29 for windows. Simpulan penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-confidence siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan self-confidence siswa yang memperoleh model project-based learning berbantuan video pembelajaran; (4) model project-based learning berbantuan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP. Kata Kunci: project-based learning, video pembelajaran, komunikasi matematis, self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:37
Last Modified: 06 Sep 2023 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64983

Actions (login required)

View Item View Item