PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGENAI PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Nurul Mutmainah, 105060132 (2016) PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGENAI PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover skripsi.docx

Download (36kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Motto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
abstrak skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB I skripsi.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II skripsi.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Melong Asih 7 dengan subjek penelitian adalah kelas V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan dilapangan bahwa di SDN Melong Asih 7 ini nilai rata-rata pada matapelajaran IPS masih belum maksimal. Terlihat dari nilai rata-rata umum yaitu peserta didik yang mencapai KKM (69) hanya sebanyak 17 orang 43,58% dan peserta didik yang tidak mencapai KKM (69) sebanyak 22 orang 56,41%. Pada penelitian ini, peneliti mengambil materi peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan penerapan model Snowball Throwing dalam pembelajarannya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Melong Asih 7 dengan jumlah peserta didik 39 orang yang terdiri dari 20 orang peserta didik laki-laki dan 19 orang peserta didik perempuan. Adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja peserta didik dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan hasil tes, lembar instrumen hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar peserta didik menggunakan model Snowball Throwing mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 72,97%, siklus II 81,57%, dan siklus III 97,43%. Nilai rata-rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklus, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 62,84 (Sedang), siklus II nilai rata-rata sebesar 71,02 (Baik) dan siklus III nilai rata-rata sebesar 78,97 (Baik Sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dalam materi peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: peningkatan hasil belajar, melalui penerapan model Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 14:06
Last Modified: 27 Jul 2016 14:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item