IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SDN CINGCIN 01

ANISA, DEWI, 195040052 (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SDN CINGCIN 01. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
17. BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
18. BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi aplikasi ethno-edugames untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Desain, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang akan diuji yaitu kelas V-A dan V-B dengan masing-masing 30 siswa dari SDN Cingcin 01. Parameter yang diukur adalah efektivitas aplikasi etno-edugames (Bebentengan) untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dan penilaian terhadap aplikasi ethno-edugames (Bebentengan). Pada kelas eksperimen terdapat 12 siswa (40%) yang termasuk kedalam kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol tidak terdapat siswa yang termasuk kedalam kategori tinggi. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan aplikasi ethno-edugames (bebentengan) cukup efektif dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa pada proses kegiatan pembelajaran. Hasil uji T-test menunjukkan bahwa sig. (2 tailed) 0,001 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan berpikir kreatif siswa berdasarkan indikator pada kelas eksperimen dengan indikator berpikir lancar 77% berkategori baik, indikator berpikir luwes 72% berkategori baik, indikator berpikir original 81% berkategori baik, dan indikator berpikir terperinci 78% berkategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol indikator berpikir lancar 72% berkategori baik, indikator berpikir luwes 69% berkategori baik, indikator berpikir original 70% berkategori baik, dan indikator berpikir terperinci 73% berkategori baik. Penilaian aplikasi ethnoedugames (bebentengan) pada kelas eksperimen berdasarkan indikator tampilan aplikasi memperoleh hasil 84% dengan kategori baik, indikator akses aplikasi memperoleh hasil 83% dengan kategori baik, indikator penilaian aplikasi memperoleh hasil 83% dengan kategori baik. Kata Kunci: Ethno-Edugames, Bebentengan, Berpikir Kreatif, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:00
Last Modified: 31 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64879

Actions (login required)

View Item View Item