Model for Refocusing the Budget for Handling the Covid-19 Pandemic in Sumedang Regency (Case study APBD of Sumedang Regency Fiscal Year 2020)

Widuri, Anye and Muliawaty, Lia and Heru Purwanto, Bambang (2023) Model for Refocusing the Budget for Handling the Covid-19 Pandemic in Sumedang Regency (Case study APBD of Sumedang Regency Fiscal Year 2020). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
BJLP_089_July_2023_Anye et al.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
Final Paper Anye Unpas-Baltic 2023.docx

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK_anye.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
Disertasi Anye Widuri DIS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Implementasi Refocusing Anggaran Penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan alat penelitian deskriptif. Karena keterbatasan jangka waktu dan SOP yang harus dipatuhi dari Pemerintah Pusat, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan refocusing anggaran untuk pengendalian Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang belum sesuai harapan. Hal ini disebabkan oleh hasil yang kurang memuaskan. Meski begitu, beberapa indikator keberhasilan kebijakan seperti kejelasan, kredibilitas sebagai solusi, konsistensi, efisiensi, partisipasi masyarakat, dan penerima kebijakan telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan regulasi. Penting untuk memperkuat pesan-pesan kebijakan agar lebih jelas dan dapat dipahami oleh semua pihak, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dan menjamin kredibilitas kepemimpinan. Temuan baru mengenai “Budaya Kerja” dan “Teknologi Informasi” diharapkan dapat meningkatkan implementasi kebijakan sehingga penanganan pandemi dapat lebih efektif tanpa mengorbankan aktivitas yang sudah ada. Kata Kunci: Model Implementasi, Refocusing Kebijakan, Anggaran, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:02
Last Modified: 11 Jan 2024 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64874

Actions (login required)

View Item View Item