KAJIAN MAKNA HEURISTIK DAN HERMENEUTIK BERORIENTASI DIKSI DALAM KUMPULAN PUISI “JEMBATAN BAMBU” KARYA SONI FARID MAULANA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MEMBACA PUISI BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK

Rosyani Yaman, Ai and Pertiwi Hidayati, Panca and Budiarti, Any (2023) KAJIAN MAKNA HEURISTIK DAN HERMENEUTIK BERORIENTASI DIKSI DALAM KUMPULAN PUISI “JEMBATAN BAMBU” KARYA SONI FARID MAULANA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MEMBACA PUISI BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS_Ai Rosyani Yaman_218090002.docx

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Ai Rosyani Yaman MPBSI.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya peserta didik dalam mengungkapkan ide atau gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk puisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai hasil kajian heuristik dan hermeneutik dalam kumpulan puisi “Jembatan Bambu” karya Soni Farid Maulana, sekaligus mengetahui hasil kajian heuristik dan hermeneutik dalam kumpulan puisi tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar membaca puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diuraikan tidak berupa angka-angka, melainkan berupa kata-kata atau deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembacaan heuristik sebagai wujud pembacaan semiotik tingkat pertama, mampu mengungkap arti atau makna asli dari kata-kata yang tidak dipahami dalam kumpulan puisi “Jembatan Bambu” karya Soni Farid Maulana. Dilanjutkan dengan kegiatan pembacaan hermeneutik sebagai wujud pembacaan semiotik tingkat kedua melalui konvensi ketaklangsungan ekspresi puisi, mampu mengungkap makna keseluruhan dari puisi-puisi yang terdapat dalam buku puisi tersebut. Adapun jumlah data yang didapat adalah sebagai berikut. Penggantian arti, yaitu metafora 3 data, metonimia 5 data, personifikasi 10 data, simile 19 data, sinekdoke berupa pars pro toto dan totem pro parte serta alegori tidak ditemukan. Penyimpangan arti, yaitu ambiguitas sebanyak 5 data, kontradiksi berupa paradoks dan ironi tidak ditemukan, dan nonsense hanya 1 data. Penciptaan arti, yaitu enjambement 30 data, persajakan/rima 30 data, tipografi 30 data, dan homolog/homologues tidak ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas X Kurikulum Merdeka materi membaca puisi telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif dengan dilandaskan pada hasil penilaian dan persetujuan dari expert judgment. Kata Kunci: Bahan ajar, pembacaan hermeneutik, pembacaan heuristik, puisi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:19
Last Modified: 11 Jan 2024 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64872

Actions (login required)

View Item View Item