PERBEDAAN WARNA TEMPAT MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS KAKTUS WIJAYAKUSUMA MINI (Epiphyllum oxypetalum) DENGAN TEKNIK ART GLASS PLANTING

FADILLAH, PUTRI DESVAYANTI NUR, 195040043 (2023) PERBEDAAN WARNA TEMPAT MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS KAKTUS WIJAYAKUSUMA MINI (Epiphyllum oxypetalum) DENGAN TEKNIK ART GLASS PLANTING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pertumbuhan kaktus Wijayakusuma mini (Epiphyllum oxypetalum) sangat dipengaruhi kondisi iklim, sehingga diperlukan teknik yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dengan cara memodifikasi iklim mikro yaitu dengan menggunakan teknik Art Glass Planting yang diberikan perbedaan warna tempat media tanam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian perbedaan warna tempat media tanam terhadap pertumbuhan tanaman hias Kaktus Wijayakusuma mini (Epiphyllum oxypetalum) dengan teknik Art Glass Planting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen sungguhan (true experiment), Subjek penelitian menggunakan Kaktus Wijayakusuma mini (Epiphyllum oxypetalum). Objek penelitian yang digunakan yaitu pertumbuhan Kaktus Wijayakusuma mini (Epiphyllum oxypetalum). Parameter utama yang diukur yaitu panjang filokladium, lebar filokladium, jumlah filokladium, diameter tangkai, dan panjang akar. Parameter pendukung yaitu intensitas cahaya, suhu lingkungan, suhu media tanam, kelembaban udara, serta pH media tanam. Pada penelitian hasil pertumbuhan panjang filokladium yang paling efektif yaitu tempat media tanam berwarna ungu. Pada pengamatan pertumbuhan lebar filokladium, jumlah filokladium dan panjang akar yang paling efektif adalah tempat media tanam berwarna hijau, sedangkan untuk pengamatan pertumbuhan diameter batang yang paling efektif adalah biru. Hal tersebut disebabkan karena setiap warna memiliki kemampuan yang berbeda dalam penyerapan kalor. Pada penelitian ini warna yang efektif untuk pertumbuhan yaitu ungu, hijau, dan biru. Hal tersebut dikarenakan warna ungu, hijau dan biru memiliki nilai emisivitas yang paling tinggi, sehingga ketiga warna tersebut memiliki daya serap kalor yang lebih cepat dibandingkan warna lainnya, dan menyebabkan suhu media tanam meningkat dan suhu pada media tanam berada dalam keadaan suhu yang optimum sehingga membuat pertumbuhan tanaman menjadi optimal. Kata Kunci : Pertumbuhan Tanaman, Kaktus Wijayakusuma mini (Epiphyllum oxypetalum), Warna Tempat Media Tanam, Suhu Media Tanam, Art Glass Planting.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:55
Last Modified: 29 Aug 2023 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64843

Actions (login required)

View Item View Item