ANALISIS OBJEKTIF TERHADAP KONTEKS SYAIR YANG BERTEMAKAN NILAI NASIONALISME PADA KUMPULAN PUISI AKU KARYA CHAIRIL ANWAR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS X SMA

Wulandari, Diana, 195030051 (2023) ANALISIS OBJEKTIF TERHADAP KONTEKS SYAIR YANG BERTEMAKAN NILAI NASIONALISME PADA KUMPULAN PUISI AKU KARYA CHAIRIL ANWAR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS X SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Syair merupakan karya sastra lama yang dibuat dengan menggabungkan berbagai aturan sesuai rima, umpan, maupun suku kata yang membuatnya menjadi memiliki nilai seni. Karya sastra puisi merupakan sebuah karya tulis yang memiliki nilai estetik dan memiliki karakter yang unik sehingga karya sasta menjadi berbeda dengan karya tulis lainnya. Hal itu tidak akan lepas dari dunia Pendidikan dimana karya sastra akan selalu berhubungan erat dengan Pendidikan. Salah satu karya sastra terpopuler adalah karya sastra Chairil Anwar. Karyanya mengambarkan ideologi yang besar mengenai puisi seperti perang, revolusi, kematian dan sebagainya. Ia membawa suasana, gaya, ritme, tempo, nafas, kepekatan dan kelincahan yang mengagumkan dalam sastra Indonesia. Sampai saat ini pengaruh bahasa sajak Chairil Anwar masih terasa ikut membawa warna bagi perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Peserta didik dapat mengenal karya sastra melalui pembelajaran sastra di sekolah sehingga dalam pembelajaran sastra dijelaskan mengenai jenis-jenis karya sastra. Namun, dalam pengajarannya peserta didik harus diberikan bahan ajar yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 10 peserta didik di kelas X SMA Perkappen Sinumbra Ciwidey. Peneliti menerapkan bahan ajar mengenai karya sastra Chairil Anwar kepada peserta didik dan memberikan soal pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada materi dari bahan ajar tersebut. Pada penelitian ini penulis meneliti syair yang bertemakan nilai nasionalisme, indikator nilai nasionalisme dan layak atau tidak jika di masukkan ke dalam bahan ajar kelas X SMA. Terdapat 3 syair yang bertemakan nilai nasionalisme dan tiga indikator nilai nasionalisme berdasarkan profil pancasila. Tiga indikator tersebut terdiri dari beriman, bertakwa dan berkebinekaan global, bernalar kritis dan bergotong royong. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil pembelajaran dan LKPD yang peneliti lakukan kepada siswa SMA Perkappen Sinumbra kelas X sesuai dengan tujuan peneliti, yaitu hasil yang di capai layak berdasarkan standar KKM Bahasa Indonesia. Sehingga sampel uji coba validasi bahan ajar lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat dikatakan telah tuntas dalam materi ataupun LKPD sesai tujuan penelitian ini. Kata kunci: analisis objektif, pendidikan, bahan ajar, LKPD.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:39
Last Modified: 28 Aug 2023 07:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64831

Actions (login required)

View Item View Item